Posted by: rumahzakatpalembang | December 1, 2007

Anak Asuh Kunjungi Sumatera Ekspres

study-tour-sumeks.jpg

Pada Rabu (21/11) kemarin sebanyak 28 anak asuh Rumah Zakat Indonesia Cabang Palembang melakukan kunjungan belajar ke salah satu koran terbesar Sumatera Selatan, Harian Sumatera Ekspres (Sumeks). Mereka adalah anak asuh Rumah Zakat dari tingkat SD, SLTP dan SLTA. Dengan ditemani 8 amil dan relawan, para anak asuh dengan antusias masuk ke gedung Graha Pena, kantor Sumeks. Antusisme ini ternyata karena beberapa diantara anak asuh tersebut ada yang sehari-harinya juga berjualan koran Sumeks sepulang sekolah.

Tiba pukul 14.00 WIB, anak asuh Rumah Zakat di sambut oleh Bapak Anto Harosoma, seorang wartawan senior Sumeks dan Bapak Andre. Dalam penjelasannya Pak Anto, begitu sapaan akrab beliau, menyampaikan banyak hal, mulai dari pengalaman beliau yang berjuang keras selama 20 tahun hidupnya sebagai seorang jurnalis sampai cara – cara menulis berita dan menjadi wartawan yang handal. “Bapak juga berasal dari latar belakang yang tak jauh berbeda dengan anak – anak sekalian, akan tetapi Bapak tak pernah menyerah, makanya Bapak sangat ingin agar anak – anak sekalian juga semangat untuk gemar mencari ilmu dan senantiasa bekerja keras untuk mengejar cita – cita”, ujar Pak Anto bersemangat.

Dalam penyampaiannya Pak Anto menggunakan 4 bahasa, Inggris, Mandarin, Jawa dan Sunda. Cerita – cerita sedih beliau membuat anak asuh terhenyuk, tapi saat beliau melanjutkan dengan cerita – cerita yang penuh humor, anak asuh pun tertawa gembira. Saat di beri kesempatan bertanya para anak asuh tak melewatkan kesempatan ini. Mulai bertanya tentang waktu pencetakan koran, bagaimana menulis berita, sampai bertanya tentang pengumuman SPMB. Dengan sabar pak Anton menjawab pertanyaan – pertanyan itu satu persatu.

“Menyenangkan, inginnya Rumah Zakat sering – sering mengadakan kunjungan ke perusahaan – perusahaan, sehingga wawasan anak asuh menjadi lebih terbuka. Kita jadi tau bahwa koran itu ternyata seperti ini lho, mencetak berjuta-juta eksemplar koran tiap harinya ternyata mesinnya canggih, dan ternyata membuat berita itu tidak gampang dan juga tidak sulit. Pokoknya kunjungan ke Sumeks asyik mbak !”, ujar Marina (15) anak asuh yang duduk di kelas 3 SMK Negeri 5 Palembang.

Seorang peserta lain, Asnilawati (14), siswi kelas 2 SMP Negeri 45 Palembang ini mengatakan “Lemak (enak – red), karena membuat diri menjadi semangat belajar, semangat mencari ilmu, semangat membaca koran. Khan ilmu bisa di dapat dari koran juga mbak”.

Menurut Siti Balkis, Program Officer, kunjungan ini adalah rangkaian pembinaan anak asuh dengan materi IPTEKNA (ilmu pengetahuan teknologi tepat guna). Tujuannya adalah untuk membuka wawasan berpikir para anak asuh dan mengembangkan kemampuan berpikir mereka, serta untuk merangsang keinginan anak asuh untuk terus mencari ilmu pengetahuan dengan seluas-luasnya. “Semoga dengan kegiatan – kegiatan seperti kita berharap anak asuh memiliki wawasan yang luas, juga akan memacu semangat belajar mereka”, jelas Balkis.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: