Posted by: rumahzakatpalembang | January 4, 2008

Himpun 1,1 M Siap Bangun RBG & LKMS

cab-plg.jpg

Sejak didirikan pada pertengahan tahun 2005 lalu, Rumah Zakat Indonesia cabang Palembang telah mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Hal ini bukan saja dilihat dari jumlah dana yang di titipkan dari para dermawan kota Palembang, akan tetapi juga banyaknya jumlah masyarakat pra sejahtera yang terbantu. Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat kota Palembang untuk menyalurkan bantuannya melalui lembaga – lembaga sosial yang resmi mengalami peningkatan.


Pencapaian dana Rumah Zakat Indonesia cabang Palembang tahun 2007 bila dibandingkan tahun 2006 mengalami kenaikan hingga dua kali lipat, ujar Irvan Nugraha, Branch Manager. Kenaikan pencapaian dana ini akan berimbas dengan jumlah dana yang disalurkan. Misalnya untuk program beasiswa yatim dan dhuafa, di akhir tahun 2007 sudah mencapai angka 260 anak. Padahal di tahun 2006 beasiswa yang disalurkan setiap bulan ini hanya di terima oleh 152 anak saja, tambahnya.

Di samping program beasiswa yang merupakan program turunan Edu Care, Rumah Zakat mempunyai program lainnya sesuai dengan 4 fokus bidang pemberdayaan yaitu Edu Care, Health Care, Eco Care dan Youth Care. Menurut Siti Balkis, Program Officer, untuk program Health Care ada 2 ibu menerima program Layanan Bersalin Gratis (LBG), 644 layanan ambulance gratis, 2 pasien operasi katarak gratis dan 833 anak khitanan massal gratis. Progam Eco Care sudah membantu 21 pengusaha kecil sedangkan Program Youth Care, telah 234 relawan bergabung dengan jumlah pelatihan sebanyak 11 kali, jelas Balkis. Disamping itu sepanjang tahun 2007 Rumah Zakat juga telah menyalurkan 6839 kaleng kornet atau 13,6 ton daging hasil qurban tahun 1427 H. Ini disalurkan kepada kurang lebih 2000 kk yang ada di kota Palembang dan sekitarnya, termasuk korban gempa Bengkulu, tambahnya.

Memasuki tahun 2008, Rumah Zakat menargetkan akan mendirikan Rumah Bersalin Gratis (RBG) dan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) MOZAIK. Melihat tren jumlah donatur dan transaksi, Rumah Zakat optimis akan mencapai target tersebut, ujar Irvan. “Sebagai lembaga swadaya masyarakat kita akan bersinergi dengan pemerintah, dengan menyesuaikan dengan agenda dan target baik nasional maupun propinsi dan kota, insya Allah kita mampu memberikan andil dalam pembangunan bangsa, tambahnya.


Responses

  1. seep…… mari sejahterakan INDONESIA kita..

  2. semoga target nya dapat tercapai..
    dan masyarakat dapat merasakan nya..

    tetep semanget..

  3. semoga para amil rzi nya terus smangat dan senantiasa ikhlas…(buat branch manager : ada salam dari Qia..hihihi )

  4. hehehe rupanya bunda qia adalah Ibu BMnya sendiri toh

    oke teh, nanti disampaikan ke Pak BM nya..hehehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: