Posted by: rumahzakatpalembang | February 17, 2008

LAUNCHING PERPUSTAKAAN MASJID DESA EPIL

perpustakaan-masjid-3-2-08.jpg

Hari ini (3/2) Rumah Zakat Indonesia yang bekerjasama dengan PT Medco Energi meresmikan perpustakaan masyarakat yang di dirikan di Masjid Silmy Desa Epil Kabupaten Musi Banyuasin. Ratusan warga turut menghadiri acara pembukaan tersebut. Pihak Medco sebagai penyandang dana pada kesempatan ini di wakili oleh bapak Muhammad Subhan dan bapak Nazrur Bustamar. Turut hadir pula bapak Subrata, ketua pengurus yayasan masjid Silmy. Sebelum acara peresmian tim relawan Rumah Zakat mengadakan pelatihan kepada 14 pemuda yang nantinya bakal menjadi pengurus perpustakaan. Diharapkan meski mengurus perpustakaan kecil, mereka dapat melakukannya secara maksimal, ungkap Fitri, seorang relawan yang melatih mereka.

Pengurus IRMA di latih tentang tata cara mengelola perpustakaan. Mulai dari pemberian cap pada buku, mekanisme keanggotaan, peminjaman dan pengembalian sampai hal yang paling rumit yaitu pembuatan katalog buku. Pelatihan di bagi dua sesi yaitu satu jam teori dan satu jam simulasi yang di mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Terlihat para pemuda tersebut cukup bersemangat untuk bertanya maupun bersimulasi. Meskipun cukup serius, sesekali gurauan – gurauan ceria mereka membuat suasana pelatihan lebih hidup. Materi pelatihan di sampaikan oleh relawan Rumah Zakat yaitu Fitri Adriyani dan Fitria Sari. Sebelumnya kedua relawan ini telah melakukan bench mark ke Perpustakaan Daerah Sumsel selama 3 hari.

Pemuda – pemudi yang menjadi pengurus perpustakaan ini tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid (IRMA). Munawir, ketua IRMA mengatakan bahwa masyarakat sangat antusias menyambut perpustakaan ini. Mulai dari orang tua yang ingin meminjam buku – buku pertanian, peternakan dan elektronika sampai anak – anak yang sudah tidak sabar untuk meminjam buku – buku cerita bergambar koleksi perpustakaan. Tentu saja mereka harus bersabar untuk beberapa hari, karena selain pengurus yang belum rampung juga buku – bukunya masih belum tertata rapi, ujar Munawir.

Acara Launching dimulai pukul 13.30 WIB. Dalam sambutannya Pihak Medco yang di wakili bapak Nazrur menyampaikan harapannya kepada masyarakat desa Epil, bahwa perpustakaan ini adalah sarana menggali ilmu untuk di aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Sehingga nantinya dapat meningkatkan taraf hidup, ujarnya kepada masyarakat. Bapak Nazrur juga menyampaikan terima kasihnya kepada Rumah Zakat yang telah mampu menjawab kepercayaan Medco untuk mendirikan perpustakaan ini. Ia berharap kerjasama ini dapat di lanjutkan di hari depan, ucapnya.

Pada acara launching ini juga di tampilkan Oryza Fadhilah, salah satu anak asuh Rumah Zakat yang menampilkan “telling story” atau berdongeng. Penampilan Oryz, sapaan akrabnya membuat anak – anak yang hadir diam terpukau. Mereka larut dalam cerita Oryz yang berkisah tentang “Saat Tarzan Pensiun”. Bahkan setelah mendengar suara Oryz dari pengeras suara masjid, anak – anak yang bermain di sekitar masjid turut masuk kedalam untuk mendengarkan. Padahal ketika itu mereka hanya memakai pakaian bermain mereka alias bertelanjang dada.

Pungkas acara adalah caramah umum yang di sampaikan Ustadz Solihin S.Ag. Ustadz yang di undang dari Palembang ini menyampaikan ceramah tentang “Ilmu” selama enam puluh menit kepada hadirin. Kemudian beliau menutupnya dengan do’a.

Acara launching di tutup tepat pukul 15.30 WIB. Perpustakaan ini akan memulai beroperasi beberapa hari lagi, ujar Munawir yang duduk di sekitar warga yang membaca buku koleksi perpustakaan. Ternyata benar – benar semangat ya, celetuk salah seorang relawan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: